Karakteristik Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X SMA Negeri I Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Wahyudi, Rori (2016) Karakteristik Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X SMA Negeri I Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RORI_WAHYUDI_1100834_1434_2016.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Adanya pembelajaran teks eksposisi dalam kurikulum 2013. (2) Teks eksposisi diikat oleh fungsi, struktur, dan karakteristik kebahasaan. (3) Kurangnya pemahaman siswa tentang struktur dan karakteristik kebahasaan teks eksposisi dan menerapkannya dalam menulis sebuah teks eksposisi. Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan afiks dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Harau, (2) mendeskripsikan penggunaan konjungsi dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Harau, (3) mendeskripsikan penggunaan pronomina dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Harau. Teori-teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah (1) pengertian teks eksposisi, (2) fungsi teks eksposisi, (3) struktur teks eksposisi, dan (4) karakteristik kebahasaan teks eksposisi Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data yang berupa rangkaian kata-kata tertulis yang diambil dari sumber data. Data tersebut berupa teks-teks eksposisi yang diperoleh dari sumber data penelitian. Data tersebut diolah berdasarkan karakteristik kebahasaan yang terdapat dalam teks-teks eksposisi dari sumber data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tulisan teks eksposisi karya siswa kelas X Mia 5 SMA Negeri 1 Kecamatan Harau. Pengabsahan data dilakukan dengan teknik uraian rinci. Tahap penganalisisan data adalah sebagai berikut. (1) Membaca dan memahami teks eksposisi karya siswa tersebut. (2) Mengidentifikasi teks sesuai dengan konsep atau teori karakteristik kebahasaan teks eksposisi. (3) Mengklasifikasikan data berdasarkan teori yang menjadi acuan. (4) Menganalisis data berdasarkan aspek yang diteliti. (5) Menginterpretasikan data yang telah dikumpulkan. (6) Menyimpulkan hasil deskripsi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Penggunaan afiks pada teks eksposisi siswa. Semua teks eksposisi dalam penelitian ini menggunakan prefiks dan konfiks, infiks yang digunakan siswa adalah infiks /-em-/ dan /-er-/, dan satu siswa tidak menggunakan sufiks. (2) Penggunaan konjungsi pada teks eksposisi siswa, terdapat semuanya menggunakan konjungsi subordinatif dan koordinatif. Dan tidak satupun siswa menggunakan konjungsi korelatif dalam teks eksposisi. (3) Penggunaan pronomina pada teks eksposisi siswa. Pronomina yang dominan digunakan siswa adalah pronomina persona dan pronomina penunjuk, dan tidak satupun siswa menggunakan pronomina penanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item