Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh

Gautama, Rolli (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ROLLI_GAUTAMA_1100858_5369_2015.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh yang terdaftar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil obervasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berada pada kualifikasi Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 54,24. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berada pada kualifikasi Baik Sekali (B) dengan nilai rata-rata 83,816. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel, yaitu 14,81 > 1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarlan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 14,81 > 1,70. Dengan kata lain, penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:11
Last Modified: 08 Oct 2018 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18124

Actions (login required)

View Item View Item