Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai

Wati, Rina (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RINAWATI_2854_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan observasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan observasi siswa sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2014—2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data penelitian ini diperoleh dengan cara berikut ini. Pertama, mengumpulkan data dilakukan dengan memberikan preetest menulis teks laporan observasi, pembelajaran teks laporan observasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan pemberian posttest. Kedua, mengolah data dilakukan dengan memeriksa hasil tulisan siswa sesuai dengan indikator yang ditetapkan, melakukan penilaian terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi, mengubah skor menjadi nilai, mengklafikasikan keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, menafsirkan keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, membuat diagram batang, dan melakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keteranpilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 54,81. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,37. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai karena nilai thitung> ttabel(7,47 > 1,70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:11
Last Modified: 08 Oct 2018 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18123

Actions (login required)

View Item View Item