Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi‖

Sari, Rima Emilda (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi‖. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RIMA_EMILDA_SARI_1100832_3783_2015.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, tingkat keterampilan membaca kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Kedua, tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Ketiga, hubungan keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca kritis dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (70,23). Kedua, menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (73,38). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi, berdasarkan uji-t thitung>ttabel yaitu 5,41>1,68. Dengan kata lain, semakin baik tingkat keterampilan membaca kritis, semakin baik pula tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:11
Last Modified: 08 Oct 2018 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item