Hubungan Pemahaman Konsep Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Pamungkas S, Riedho Kurnia (2015) Hubungan Pemahaman Konsep Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RIEDHO_KURNIA_PAMUNGKAS_3857_2015.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Tiga tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan pemahaman konsep teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain korelasional. Ada dua data yang diolah. Pertama, data pemahaman konsep teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, data keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan sampel berjumlah 54 orang. Data yang diambil dianalisis dengan langkah-langkah berikut. Pertama, pemeberian skor tes pemahaman konsep teks eksposisi siswa. Kedua, pemeberian skor tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Ketiga, mengubah skor pemahaman konsep teks eksposisi dan skor keterampilan menulis teks eksposisi menjadi nilai. Keempat, mengelompokan nilai pemahaman konsep teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi berdasarkan konvensi skala 10. Kelima, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Keenam, menyajikan distribusi frekuensi per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk histogram per indikator. Kedelapan, mengkorelasikan variabel penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh, membhas hasil analisis dan menyimpulkan dengan cara mendeskripsikan hubungan pemahaman konsep teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ada tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, pemahaman konsep teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (75,68), Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (76,54). Ketiga, terdapat hubungan pemahaman konsep teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 7,292 > 2,68. Hasil penelitian ini sudah mencapai batas KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dengan kata lain, apabila pemahaman konsep teks eksposisi (X) siswa baik, keterampilan menulis teks eksposisi (Y) siswa juga baik. Sebaliknya, apabila pemahaman konsep teks eksposisi siswa (X) buruk, keterampilan menulis teks eksposisi siswa (Y) juga buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:11
Last Modified: 08 Oct 2018 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item View Item