Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Resti Pramita (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RESTI_PRAMITA_SARI_1205182_4049_2016.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik pemodelan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik pemodelan. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 180 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol (kelas VIII.5) berjumlah 30 orang siswa, dan kelas eksperimen (VIII.6) berjumlah 30 orang siswa. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis berita tanpa menggunakan teknik pemodelan dan keterampilan menulis berita siswa dengan menggunakan teknik pemodelan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas kontrol berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 66,85. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas eksperimen berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,33. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima karena thitung > ttabel (8,24> 1,67). Dengan kata lain, penggunaan teknik pemodelan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Kayu Kalek Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:37
Last Modified: 08 Oct 2018 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item