Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Mustika, Repa (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_REPA_MUSTIKA_5108_2015.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini terdapat dua skor yang diolah. Pertama, data keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Kedua, data keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik penarikan sampel adalah propotional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memahami teks cerpen sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data tes keterampilan menulis teks cerpen. Berdasarkan penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik sekali (86,00). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (85,92). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP 8 Negeri Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai tTabel lebih kecil daripada thitung (2,021<18,4). Dengan kata lain, untuk memahami teks cerpen yang baik diperlukan pemahaman siswa yang bagus mengenai teks cerpen, dan begitu juga dengan keterampilan menulis teks cerpen baik sangat diperlukan keterampilan menulis teks cerpen yang bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:37
Last Modified: 08 Oct 2018 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item View Item