Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Nasional Padang

Sari, Ratna (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Nasional Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RATNA_SARI_1200859_3199_2016.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Nasional Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Nasional Padang. Ketiga, menjelaskan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Nasional Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nasional Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 70 orang dan tersebar dalam empat kelas. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 43 orang yang tersebar di dalam kelas X TKJ, X ADP 1, dan X ADP 2 hal ini disebabkan karena kelas X AKT telah ditetapkan sebagai sampel uji coba. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangandeskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Nasional Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (76,69). Kedua, keterampilan menulis karangandeskripsisiswakelas X SMK nasional Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (83,98). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Nasional Padang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Nasional Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,993thitung lebih besar dari ttabel yaitu 44,51>1,68. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Nasional Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item