Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok

Ratmiati, Ratmiati, (2016) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RATMIATI_1200843_644_2016.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini ada tiga. Pertama, siswa kesulitan menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan. Kedua, kalimat yanng ditulis siswa seringkali tidak efektif. Ketiga, siswa kesulitan membedakan teks eksposisi dengan teks yang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016, berjumlah 156 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang, 26 orang kelas eksperimen dan 24 orang kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok menggunakan metode konvensional (X1) dan keterampilan menuli teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok menggunakan model discovery learning (X2). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua. Pertama, pada kelompok eksperimen dilaksanakan tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua menerapkan perlakuan yakni menggunakan model discovery learning. Pertemuan ketiga dilaksanakan tes. Kedua, pada kelompok kontrol dilaksanakan tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua menerapkan metode penugasan, pertemuan ketiga melaksanakan tes. Setelah tes berakhir, lembar kerja siswa dikumpulkan untuk dianalisis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini terdiri atas delapan langkah. Pertama, menyeleksi tulisan siswa. Kedua, pemberian skor tulisan siswa. Ketiga, mengubah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat, mengklasifikasikan hasil tes keterampilan menulis teks eskposisi siswa. Kelima, mendeskripsikan data dengan membuat diagram batang. Keenam, melakukan uji normalitas dan homogenitas. Ketujuh, melakukan pengujian hipotesis, Kedelapan, membahas hasil analisis dan menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item