Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi

Yuliani, Rahmi (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RAHMI_YULIANI_1205153_2476_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi sebelum penggunaan teknik Mind Mapping. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi sesudah penggunaan teknik Mind Mapping. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Mind Mapping terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPNegeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMA Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Mind Mapping siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Mind Mapping siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Prosedur penelitian ini menggunakan langkah, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaiaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pretest, guru memberikan perlakuan, dan posttest. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Mind Mapping. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik Mind Mapping siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,38. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik Mind Mapping siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,25. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung> ttabel, yaitu13,92>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik Mind Mapping terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Pengaruh tersebut terlihat pada taraf signifikan 95%. Dengan kata lain, penggunaan teknik mind mapping memiliki pengaruh yang signifikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIISMP Negeri 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18095

Actions (login required)

View Item View Item