Pengaruh Penggunaan Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Bethinia, Rafika Deri (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RAFIKA_DERI_BETHINIA_1105830_5313_2015.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat hasil belajar menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menerapkan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan tingkat hasil belajar menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan setelah menerapkan teknik copy the master. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan teknik copy the master terhadap tingkat hasil belajar menulis teks cerpen siswa SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the Statisic Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 133 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dan VII D yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen . Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks cepen tanpa menggunakan dan menggunakanteknik copy the master. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen tanpa menggunakan teknik copy the master siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata nilai 59,30. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata nilai 76,49. Ketiga, penggunaan teknik copy the master memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan uji-t pada taraf signifkansi 95% dengan dk=( + )-2, disimpulkan bahwa penggunaan teknik copy the master berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Pengaruh teknik tersebut dapat dibuktikan karena < (1,70<8,06).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item