Pengaruh Penggunaan Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo

Wulandari, Putri (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_PUTRI_WULANDARI_01496_3040_2016.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri1 Luhak Nan Duo dengan menggunakan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo tanpa menggunakan teknik copy the master. Ketiga, mendeskripsikan apakah penggunaan teknik copy the master berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah intact group comparison. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 258 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo dengan menggunakan teknik copy the master dan tanpa menggunakan teknik copy the master. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks berita. Hasil Penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo dengan menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Baik dengan rata-rata 80,81. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo tanpa menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Hampir Cukup dengan rata-rata 50,74. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 karena nilai thitung>ttabel(15,94>1.68). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo dengan menggunakan teknik copy the master lebih baik dibandingkan dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo tanpa menggunakan teknik copy the master. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel(15,94>1.68). Dengan demikian, teknik copy the master berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item