Kontribusi Keterampilan Menyimak Teks Cerita Moral/Fabel dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman

Caprita, Putri Siltya (2016) Kontribusi Keterampilan Menyimak Teks Cerita Moral/Fabel dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_PUTRI_SILTYA_CAPRITA_1205217_4651_2016.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel dengan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain korelasional. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman yang berjumlah 134 orang yang terbagi menjadi lima kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman). Data penelitian ini berupa skor hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal untuk tes keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel dan skor hasil tes unjuk kerja tes keterampilan menulis teks cerita moral/fabel. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan skor dan nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (80,93). Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (80,79). Ketiga, keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel berkontribusi dengan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebesar 54,61%. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks cerita moral/fabel diperlukan keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak teks cerita moral/fabel berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keteraampilan menulis siswa, terlebih dahulu ditingkatkan adalah keterampilan menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item View Item