Pengaruh Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok

‘Aini, Poppy Nurul (2015) Pengaruh Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_POPPY_NURUL_AINI_5256_2015.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Teknik Tiru Model terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan rancangan penelitian intact group comparasion. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 196 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan langkah-langkah berikut ini. Pertama, membaca hasil posttest yang telah dilakukan oleh sampel, kemudian menilai hasil atau memberi skor berdasarkan kriteria atau rubrik yang telah ditentukan. Kedua, mengubah skor menjadi nilai. Ketiga, menentukan nilai rata-rata hitung keterampilan menulis teks cerpen. Keempat, menafsirkan hasil belajar menulis teks cerpen siswa berdasarkan rata-rata hitung dan KKM. Kelima, mengklasifikasikan: (1) hasil keterampilan menulis teks cerpen siswa tanpa menggunakan teknik Tiru Model, dan (2) hasil keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik Tiru Model berdasarkan skala sepuluh. Keenam, membuat histogram hasil belajar menulis teks cerpen siswa. Ketujuh, melakukan pengujian hipotesis untuk melihat pengaruh penggunaan teknik Tiru Model terhadap hasil belajar menulis teks cerpen siswa. Kedelapan, menyimpulkan hasil analisis data dan pembahasan. Analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa menggunakan teknik Tiru Model berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,99. Keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik Tiru Model siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 85,73. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan dk = (n1 + n2) –2 karena thitung> ttabel (4,78>1,67). Dengan kata lain, teknik Tiru Model berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok dan teknik Tiru Model dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item View Item