Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Nurli, Oskar (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_OSKAR_NURLI_3808_2015.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam sebelum diberi perlakuan menggunakan model TPS; (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam setelah diberi perlakuan menggunakan model TPS; (3) menganalisis pengaruh penggunaaan model TPS terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Teori yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah sebagai berikut: (1) teks eksposisi, yaitu teks yang mengungkapkan gagasan berdasarkan argumentasi yang kuat; (2) model TPS, yaitu merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analisis dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun ajaran 2014—2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variable penelitian, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah penggunaan model TPS. Instrumen penelitian ini adalah tes berupa tes unjuk kerja menulis teks eksposisi dan non tes berupa observasi tidak langsung. Data penelitian ini adalah skor hasil tes menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model TPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam . Data penelitian adalah skor hasil keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TPS. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model TPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam berada pada kualifikasi Hampir Cukup (5,08); (2) keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model TPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam berada pada kualifikasi Cukup (6,56); (3) berdasarkan hasil ujit disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 0,05 dan dk= n1+n2-2 karena thitung > ttabel (7,41 > 1,70). Hal ini berarti bahwa, penggunaan model TPS berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item