Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman

Ona, Olvi (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_OLVI_ONA_PUTRI_2716_2015.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal. Pertama, keterampilan membaca apresiatif siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Ketiga, hubungan keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Keterampilan membaca memiliki hubungan yang erat dengan keterampilan menulis. Untuk melihat hubungan yang ada antara keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen, maka dilakukan penelitian yang berbentuk korelasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015 yang berjumlah 197 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 39 orang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca apresiatif dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca apresiatif dengan skor keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif keterampilan membaca apresiatif dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (80,80). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (80,98). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pariaman, berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 3,00 >1,68. Dengan kata lain, semakin baik tingkat keterampilan membaca apresiatif, semakin baik pula tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item View Item