Gaya Bahasa dalam Antologi Cerpen “Denting Piano untuk Ibu” Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Reguler 2012 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas NegeriPadang

Ritonga, Nurjannah (2016) Gaya Bahasa dalam Antologi Cerpen “Denting Piano untuk Ibu” Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Reguler 2012 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas NegeriPadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NURJANNAH_RITONGA_1200872_1437_2016.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis gaya bahasa berdasarkan strutur kalimat dan berdasarkan langsung tidaknya makna serta fungsi dari gaya bahasa tersebut yang terdapat dalam antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu” karya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Reguler B 2012 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Dengan demikian penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dengan jelas objek yang diteliti. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika, yaitu analisis yang mengkhususkan pada bahasa yang digunakan pengarang dalam karya sastra. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu pertama, membaca secara terperinci antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu” serta menandai kalimat-kalimat yang mengandung gaya bahasa. Kedua, menentukan jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang terdapat dalam antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu”. Ketiga, menentukan jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdapat dalam antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu”. Keempat, menentukan fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu”. Kelima, menyimpulkan temuan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat ditemukan 4 jenis gaya bahasa, yatu klimaks, antiklimaks, repetisi, dan antitesis. Gaya bahasa yang ditemukan berjumlah 45 tuturan. Jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna ada dua macam, yaitu gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Gaya bahasa retoris ditemukan 7 jenis gaya bahasa, yatu apostrof, asindeton, polisindeton, eufemismus, pleonase, pertanyaan retoris, dan hiperbola. Jumlah tuturan gaya bahasa retoris sebanyak 110 tuturan. Gaya bahasa kiasan ditemukan 4 jenis gaya bahasa, yaitu persamaan, metafora, personifikasi, dan sinisme serta sarkasme. Jumlah tuturan gaya bahasa kiasan sebanyak 103 tuturan. Fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam antologi cerpen “Denting Piano untuk Ibu” ditemukan 5 jenis fungsi gaya bahasa, yaitu mengkongkretkan 79 tuturan, menegaskan 112 tuturan, memperindah 59 tuturan, menghaluskan 2 tuturan, dan menyindir 3 tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item