Pengaruh Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman

Nurhidayati, Nurhidayati (2016) Pengaruh Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NURHIDAYATI_1200853_4207_2016.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman yang terdaftar pada tahun 2015-2016. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman dengan menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman tanpa menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman tanpa menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (66,87). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi baik (85,87). Ketiga, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata tanpa menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman. Pengaruh tersebut terlihat pada taraf signifikan 95% berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 7,01>1,68. Dengan kata lain, penggunaan model PBL berbantuan media gambar berseri memiliki pengaruh yang signifikan dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:27
Last Modified: 05 Oct 2018 00:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18062

Actions (login required)

View Item View Item