Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang‖.Sk

Nurhidayati.AR, Nurhidayati.AR (2015) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang‖.Sk. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NURHIDAYATI_1105849_4402_2015.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat faktor Pertama, kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi; Kedua, siswa masih kesulitan dan merasa bosan dalam menulis teks eksposisi; Ketiga, siswa masih kesulitan dalam membedakan jenis teks, terutama dari segi struktur teks; Keempat nilai siswa dalam keterampilan membaca, khususnya membaca pemahaman masih rendah; Kelima, siswa belum cermat menentukan ide pokok dalam teks. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang; Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang; Ketiga, mendeskripsikan kontribusi (sumbangan) antara keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi.Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015.Sampel penelitian ini adalah ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang.Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga simpulan; Pertama, keterampilan membaca pemahamansiswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 78,73; Kedua,keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 78,75; Ketiga, kontribusi (sumbangan) keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebesar 83%. Pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 (40-1=39). sedangkan sisanya 17% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:27
Last Modified: 05 Oct 2018 00:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item