Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata

Wadiah, Nur (2016) Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NUR_WADIAH_1200849_4019_2016.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan mimesis. Data penelitian ini adalah berupa kata-kata, frase, kalimat, dan wacana yang menampilkan peritiwa-peristiwa dan tokoh-tokoh yang mengindikasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata meliputi: (1) nilai pendidikan karakter religius, (2) nilai pendidikan karakter jujur, (3) nilai pendidikan karakter kreatif, (4) nilai pendidikan karakter mandiri, (5) nilai pendidikan karakter cinta damai, (6) nilai pendidikan karakter kerja keras, (7) nilai pendidikan karakter ingin tahu, (8) nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif, (9) nilai pendidikan karakter gemar membaca, (10) nilai pendidikan karakter semangat kebangsaan, dan (11) nilai pendidikan karakter cinta tanah air. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami, menetapkan tokoh utama dan tokoh pendamping, menginventarisasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai pendidikan karakter religius yaitu percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengerjakan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, jujur yaitu tidak berlaku curang dan jujur dalam perkataan. Ketiga, kreatif yaitu menemukan ide/gagasan dan menginspirasi orang lain. Keempat, cinta damai yaitu menghindari perkelahian, penyayang, berjiwa besar, dan saling menasihati. Kelima, kerja keras yaitu pantang menyerah, berusaha sekuat tenaga, dan semangat. Keenam, rasa ingin tahu yaitu rasa pensaran dan bertanya. Ketujuh, bersahabat/komunikatif yaitu menjalin persahabatan dan setia kawan. Kedelapan, gemar membaca yaitu memanfaatkan waktu luang untuk membaca. Kesembilan, semangat kebangsaan yaitu ikut merayakan hari besar kenegaraan. Kesepuluh, cinta tanah air yaitu bangga menggunakan bahsa Indonesia. Kemudian hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran Baahasa Indonesia kurikulum 2006 (KTSP) di SMA kelas XI, dengan SK.7 memahami unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan yang dibacakan, KD. 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:27
Last Modified: 05 Oct 2018 00:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item