Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Viktoria, Novia (2015) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NOVIA_VIKTORIA_4745_2015.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain atau rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 336 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.4 dan X.5 yang berjumlah 78 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan argumentasi pada kelas kontrol (tanpa menggunakan metode pembelajaran problem solving) dan kelas eksperimen (dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi pada kelas kontrol (tanpa menggunakan metode pembelajaran problem solving) berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai tara-rata 72,51. Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi pada kelas eksperimen (dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving) berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,92. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Berdasarkan uji-t pada taraf signifkansi 95% dengan dk=( + )-2, disimpulkan bahwa > (1,98>1,68). Dengan kata lain, penggunaan metode pembelajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:27
Last Modified: 05 Oct 2018 00:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item