Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Fidel, Nisa Ul Husna (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NISA_UL_HUSNA_FIDEL_1100872_4950_2015.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini ada tiga. Pertama, masih banyak ditemukan siswa yang tidak memahami hakikat dari teks laporan hasil observasi. Kedua,masih banyak ditemukan siswa yang tidak memahami struktur teks laporan hasil observasi. Ketiga,masih banyak siswa yang tidak memahami unsur kebahasaan teks laporan hasil observasi. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes membaca pemahaman dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,21. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,63. Ketiga, berdasarkan hasil uji hipotesis antara variabel keterampilan Membaca pemehaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel, yaitu 5,477>2,042. Dengan kata lain, terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item