Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Karangan Eksposisi dan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi

Ramadhan, MutiaraAmalia (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Karangan Eksposisi dan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MUTIARA_AMALIA_RAMADHAN_1105850_4392_2015.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Ketiga, menjelaskan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 214 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman karangan eksposisi sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karanganeksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (77,94). Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (83,66). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman karangan eksposisi dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman karangan eksposisi dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,95, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,33>1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman karangane ksposisi siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18054

Actions (login required)

View Item View Item