Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok

Filla, Mody Sito (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MODY_SITO_FILLA_54459_3149_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh enam permasalahan berikut. Pertama, rendahnya motivasi belajar siswa. Kedua, rendahnya minat siswa dalam menulis puisi, Ketiga, guru kurang mampu menggunakan metode yang tepat untuk meningkat minat siswa dalam menulis puisi, keempat, guru cendrung menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa pasif, kelima, strategi yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, dan keenam, guru cendrung menggunakan rutinitas mengajar yang didasarkan oleh pengalaman sehingga kurang memperhatikan perkembangan anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi. Kedua, strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division yang kemudian disingkat menjadi STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. Sampel penelitian ini kelas VIII 6 yang berjumlah 21 orang. Data penelitian ini adalah skor tes akhir keterampilan menulis puisi sesudah dan sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kulifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,64. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok sesudah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kulifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,49. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dengan derajat kebebasan (dk) = n - 1 karena thitung > ttabel(2,31 > 1,68). Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Solok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item