Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisualterhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci Provinsi Jambi

Jalinus, Mhd Nur Ifel (2016) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisualterhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MHD_NUR_IFEL_JALINUS_1205173_5012_2016.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut.Pertama, siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi masih kesulitan dalam menulis berita menggunakan struktur berita yang benar.Kedua, siswa masih kesulitan mengembangkan unsur berita yaitu 5W+1H.Ketiga,siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi masih salah dalam menggunakan EBI yang tepat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning berbasis media audiovisual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi yang terdaftar pada tahun ajaran 2015-2016 yaitu 91 siswa.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual sebagai variabel kedua (X2). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi.Instrumen penelitian ini adalah tesberupa tes unjuk kerja menulis berita.Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir.Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan memberikan tes kepada sampel penelitian berupa pretest dan posttest.Uji persyaratan analisis yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ada tiga data yang diperoleh.Pertama, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,93. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kerinci provinsi Jambi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,85. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk =n1 + n2 – 2, karena thitung > ttabel (0,30>2,01). Dari hasil uji hipotesis terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbasis media audiovisual terhadap keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item