Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi

Riza, Mellisa (2016) Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELLISA_RIZA_1205168_4381_2016.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia yang digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi, (2) bentuk strategi bertutur guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi, (3) konteks penggunaan strategi bertutur dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi, dan (4) respons terhadap tindak tutur direktif guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan berupa bentuk tindak tutur direktif guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Teknik yang digunakan untuk pengabsahan data adalah teknik triangulasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu (1) mentranskripsikan tindak tutur direktif guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, (2) mengidentifikasi data berdasarkan bentuk tindak tutur, bentuk strategi bertutur, konteks situasi bertutur, dan respons terhadap tuturan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi, (3) mengklasifikasikan data berdasarkan bentuk tindak tutur, bentuk strategi bertutur, konteks bertutur, dan respons terhadap tuturan guru dan siswa, (4) menganalisis data berdasarkan bentuk tindak tutur, bentuk strategi bertutur, konteks situasi bertutur, dan respons terhadap tuturan guru dan siswa (5) membuat simpulan terhadap data yang telah diteliti. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. (1) Terdapat lima bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru dan satu bentuk tindak tutur direktif yang digunakan siswa dalam proses belajar mengajar, yaitu tindak tutur direktif menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. (2) Tindak tutur tersebut dituturkan dengan menggunakan empat strategi bertutur, yaitu strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur dengan basa-basi kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. (3) Dalam konteks suasana tenang dan serius, cenderung digunakan tindak tutur direktif menyuruh dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi. (4) Respons dari tindak tutur direktif menyuruh dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dalam konteks suasana tenang dan serius menghasilkan respons positif dan respons dari tindak tutur direktif menyuruh dengan strategi bertutur terus terang tanpa basabasi dalam konteks suasana ribut menghasilkan respons negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item