Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Rangkuman Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Padang

Yundari, Melia (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Rangkuman Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELIA_YUNDARI_1274_2015.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lima permasalahan. Pertama, kurangnya minat baca siswa terhadap bacaan. Kedua, tidak terlatihnya siswa dalam memahami bacaan sehingga siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok serta menarik kesimpulan dari bacaan. Ketiga, sebagian siswa kesulitan mengurutkan bacaan dan menemukan jawaban dari pertannyaan yang berhubungan dengan bacaan. Keempat, masih banyak siswa tidak paham dengan konsep dan teknik menulis rangkuman sehingga rangkuman yang dihasilkan siswa tidak sesuai dengan ide pokok paragraf. Kelima, masih banyak ditemukan siswa yang kurang mengerti dengan ejaan. Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis rangkuman siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis rangkuman siwa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI SMA Negeri 15 Padang berjumlah 268 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 orang, diambil dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan hal berikut. Pertama, rata-rata keterampilan menulis rangkuman siswa kelas kelas XI SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,13). Kedua,ratarata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,12). Ketiga,terdapat hubungan keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis rangkuman siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang, yaitu nilai thitung (4,64) lebih besar dari ttabel (1,70) pada derajat kebebasan n-1 (31) dan taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item