Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Saraswati, Mega (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, u.

[img]
Preview
Text
1_A_MEGA_SARASWATI_1200881_4384_2016.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi menulis teks eksposisi berbasis discovery learning. LKPD yang dihasilkan adalah LKPD yang valid, praktis, dan efektif. LKPD yang valid dilihat dari segi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kebahasaan. LKPD yang praktis dilihat dari segi kemudahan dalam penggunaan. LKPD yang efektif dilihat dari segi keterampilan peserta didik menulis teks eksposisi sesuai dengan isi, struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, menulis teks eksposisi, yang berupa pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, unsur kebahasaan teks eksposisi, langkah-langkah menulis teks eksposisi dan indikator penilaian teks eksposisi. Kedua, model discovery learning, yang berupa pengertian model discovery learning, kelebihan discovery learning, dan kekurangan model discovery learning. Ketiga, model pengembangan LKPD, yang berupa model pengembangan, pengertian LKPD, komponen LKPD, dan langkah-langkah penyusunan LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D (4-D) yang disederhanakan menjadi 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 32 orang. Data penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh dari instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan hasil tes unjuk kerja untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk yang berupa LKPD menulis teks eksposisi dengan model discovery learning untuk siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi LKPD, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar 95,16%. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 93,75% dengan kategori sangat praktis dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 91,20%% dengan kategori sangat praktis. Nilai efektivitas LKPD sebesar 84,21% dengan kategori baik yang diperoleh dari nilai tes unjuk kerja peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item View Item