Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang

Hardani, Maisuri (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MAISURI_HARDANI_1205136_1088_2016.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing terhadap hasil belajar menulis Teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis Teks eksposisi. Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Jenis Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 137 siswa dengan sampel 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII. 4 SMP Negeri 4 Padang Panajng yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis Teks eksposisi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, dan (2) keterampilan menulis Teks eksposisi siswa sesudah model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis Teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis Teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,21. Kedua, keterampilan menulis Teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 86,20. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung > ttabel (1,17>1,98). Dengan kata lain, keterampilan menulis Teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik dibandingkan keterampilan menulis Teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:41
Last Modified: 04 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item