Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan

Eliza, Lusy Putri (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_LUSY_PUTRI_ELIZA_1205164_4358_2016.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan sebelum menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan sesudah menggunakan model pembelajaraan kooperaif tipe group investigation. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Ketiga, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan berjumlah 149 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas satu kelas, yaitu kelas VIII2 yang berjumlah 21 orang. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis berita siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan keterampilan menulis berita siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Painan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Painan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 65,34. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Painan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,57. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan karena nilai ttabel<thitung (1,72<4,26). Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:41
Last Modified: 04 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item