Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Sari, Lisa Purnama (2016) Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_LISA_PURNAMA_SARI_1200855_4339_2016.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 191 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 41 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektf dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (85,12). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (81,03). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf kepercayaan 0,05. Hal itu terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (2,89>1,67). Selain itu, interpretasi nilai uji korelasi menunjukkan korelasi kedua variabel rendah, yaitu 0,423. Dengan kata lain, penguasaan kosakata dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item