Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Asrimardhani, Lisa (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_LISA_ASRIMARDHANI_5027_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut Pertama, dilihat dari latihan menulis teks eksplanasi siswa, terlihat siswa masih kesulitan dalam mengembangkan ide-ide meskipun tema tulisan telah ditetapkan. Kedua, siswa kurang terampil menulis teks eksplanasi dengan baik. Ketiga, siswa masih kesulitan mengidentifikasi teks eksplanasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung KabupatenPadangPariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 280 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang satu kelas berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan teknik pemodelan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman tanpa menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai 62,30 Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dengan mevggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai 85,31. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa H1 diterima karena thitung>ttabel (7,54>1,70). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik pemodelan siswa kelas VII SMP 1 2x11 Enam Lingkung KabupatenPadangPariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item