Hubungan Keterampilan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung

Gusman, Kendri Satria (2015) Hubungan Keterampilan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_KENDRI_SATRIA_GUSMAN_1100835_4901_2015.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata yang dimiliki dari para siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung. Ketiga, mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Terdapat dua data yang akan diolah. Pertama, data siswa penguasaan kosakata siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung. Kedua, data keterampilan menulis teks cerpen siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 200 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung berada pada kualifikasi baik (83,46). Kedua, penguasaan kosakata siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung berada pada kualifikasi cukup (61,11). Ketiga, terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks cerpen siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan kata lain, penguasaan kosakata dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item