Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang

Sari, Karmila (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_KARMILA_SARI_1105869_5056_2015.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Statis Dua Kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 211 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.D dan VII.E yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks cerpen tanpa dan dengan menggunakan metode problem based learning. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen tanpa menggunakan metode problem based learning siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata nilai 69,63. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode problem based learning siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata nilai 80,74. Ketiga, penggunaan metode problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Berdasarkan uji-t pada taraf signifkansi 95% dengan dk=(n1+n2)-2, disimpulkan bahwa thitung>ttabel (4,08>1,70). Dengan kata lain, penggunaan metode problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item