Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Pantun Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Ismai (2015) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Pantun Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ISMAI_PUTRI_1105828_4332_2015.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata bidang sastra dengan keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Terdapat dua data yang akan diolah. Pertama, data penguasaan kosakata siswa XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, data keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian ini adalah 35 siswa diambil dengan menggunakan teknik sampel acak (proporsional random sampling).Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja.Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata bidang sastra sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks pantun. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan diklasifikasikan menjadi enam kategori yaitu, sempurna, baik sekali, baik, lebih dari cukup, cukup, dan hampir cukup. Dalam penelitian ini rata-rata keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan adalah 77,46 dengan kualifikasi baik berada pada rentangan nilai 76-85% pada skala 10. Kedua, penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan diklasifikasikan menjadi empat kategori, baik sekali, baik, lebih dari cukup dan cukup. Dalam penelitian ini nilai rata-rata penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan adalah 76,67 dengan kualifikasi baik pada rentangan nilai 76-85% pada skala 10. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolakdan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai ttabel lebih kecil dari pada thitung (1,71<6,22).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item View Item