Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang

Putri, Irena Andina (2016) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_IRENA_ANDINA_PUTRI_1205213_4188_2016.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menjelaskan tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual, (2) menjelaskan tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual, dan (3) menjelaskan pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yakni eksperimen semu atau quasy experiment dengan desain the one group pretest-postest. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purvosive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 221 siswa. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual dan skor hasil tes keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis berita. Data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengubah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 60,76. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,03. Ketiga, model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Dengan kata lain, model discovery learning berbantuan media audiovisual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item