Hubungan Pengetahuan tentang Majas dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman

Hariyani, Ira (2015) Hubungan Pengetahuan tentang Majas dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_IRA_HARIYANI_1105848_4522_2015.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama,tingkat pengetahuan tentang majas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Ketiga, hasil analisis hubungan pengetahuan tentang majas dengan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan tentang majas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes pengetahuan tentang majas dan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes pengetahuan tentang majas dan tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks cerita moral/fabel. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama,pengetahuan tentang majas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata (65,24). Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (70,93). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang majas dan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tentang majas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman (65,24) dengan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman (70,93). Hubungan tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji hipotesis, thitung>ttabel yaitu 2,95>2,021. Dengan kata lain, penguasaan majas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18004

Actions (login required)

View Item View Item