Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Oksalia, Ilma (2016) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ILMA_OKSALIA_1205163_4005_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum penggunaan model Problem Based Learning (PBL). Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang setelah penggunaan model PBL. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PBL terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan setelah menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan setelah menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Prosedur penelitian ini menggunakan langkah, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaiaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pretest, guru memberikan perlakuan, dan posttest. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi sebelum dan setelah menggunakanmodel PBL. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model PBLsiswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,38. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model PBLsiswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai ratarata 78,25. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung> ttabel, yaitu 13,92>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBLterhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Pengaruh tersebut terlihat pada taraf signifikan 95%. Dengan kata lain, penggunaan model PBL memiliki pengaruh yang signifikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item View Item