Hubungan Keterampilan Memahami Teks Anekdot dengan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung.

Putri, Hilda (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Anekdot dengan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HILDA_PUTRI_998_2015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan memahami teks anekdot dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada dua. Pertama, keterampilan menulis teks anekdot yang terdiri dari pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, unsur teks anekdot, kaidah teks anekdot, dan ciri bahasa teks anekdot. Kedua, keterampilan membaca pemahaman yang terdiri atas pengertian membaca, pengertian membaca pemahaman, tujuan membaca pemahaman, dan teknik pembelajaran membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskritif dan menggunakan rancangan penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 45 orang yang tersebar dalam sembilan kelas. Data yang diambil dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, pemberian skor tes keterampilan memahami teks anekdot siswa. Kedua, pemberian skor tes keterampilan menulis teks anekdot siswa. Ketiga, mengubah skor keterampilan memahami teks anekdot dan skor keteramapilan menulis teks anekdot menjadi nilai. Keempat, mengelompokkan nilai keterampilan mamahami teks anekdot dan keterampilan menulis teks anekdot berdasarkan konvensi skala 10. Kelima, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Keenam, menyajikan distribusi frekuensi per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk histogram per indikator. Kedelapan, mengolerasikan variabel penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan dengan cara mendeskripsikan hubungan keterampilan memahami teks anekdot dan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 81,23. Kedua, keterampilan memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 68,04. Ketiga, berdasarkan uji-t H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel yaitu 5, 65 > 2,68. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa keterampilan memahami teks anekdot berhubungan dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17999

Actions (login required)

View Item View Item