Kontribusi Keterampilan Menyimak Dongeng terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Arini, Hilda (2016) Kontribusi Keterampilan Menyimak Dongeng terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HILDA_ARINI_1205149_4251_2016.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP N 1 Kinali. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP N 1 Kinali. Ketiga, menganalisis kontribusi antara keterampilan menyimak dongeng terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP N 1 Kinali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kinali yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 180 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 20% dari populasi, yaitu 36 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak dongeng sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menuliskan kembali dongeng sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak dongeng dan skor hasil tes keterampilan menuliskan kembali dongeng. Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak dongeng siswa dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara. Pertama, mengumpulkan data keterampilan menyimak dongeng dengan cara memberikan tes objektif pada siswa. Kedua, data keterampilan menuliskan kembali dongeng dikumpulkan dengan cara tes unjuk kerja pada siswa. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment dan koefisien determinan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP N 1 Kinali berada pada kualifikasi lebih dari cukup sebesar 72,45. Kedua, keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa secara keseluruhan sebesar 72,34 berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, keterampilan menyimak dongeng memiliki kontribusi sebesar 92,2 % terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali. Dengan kata lain, untuk menulis dongeng dibutuhkan keterampilan menyimak dongeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item View Item