Pengaruh Penerapan Metode Question Student Have terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siawa Kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir

Rani, Hezti (2015) Pengaruh Penerapan Metode Question Student Have terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siawa Kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HEZTI_RANI_54468_1505_2015.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh penerapan metode Question Student Have terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 8 kelas. Teknik yang digunakan untuk penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Setelah diperoleh data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t. Dari hasil analisis data, terlihat bahwa kelas yang menggunakan metode Question Student Have memiliki rata-rata 89,04, sedangkan dengan pembelajaran yang berlangsung secara konvensional memiliki rata-rata 80,62, dari perhitungan t tes diperoleh thitung 4,340 sedangkan ttabel 2,00. Jadi thitung lebih besar dari ttabel (4,340 >2,00) dengan taraf alpha 0,05. Berarti hipotesis H0, tidak terdapat pengaruh metode Question Student Have terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X di SMA Negeri 1Ranah Pesisir tidak terbukti, dan Hipotesis penelitian H1, metode Question Student Have berpengaruh terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X di SMA Negeri 1Ranah Pesisir terbukti dan dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Question Student Have berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Dengan kata lain, keterampilan menulis argumentasi menggunakan metode Question Student Have lebih baik daripada pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut juga terbukti saat proses pembelajaran berlangsung yang menunjukan suasana tidak monoton, dan siswa aktif dalam pembelajaran, baik menjawab pertanyaan maupun mengajukan pertanyaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17997

Actions (login required)

View Item View Item