Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang‖

Fiderika, Frentika (2015) Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang‖. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FRENTIKA_FIDERIKA_1105927_5054_2015.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan antara keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, yaitu 192 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 20% dari populasi, yaitu 38 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat (variabel Y). Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data, yaitu menguji tingkat keterampilan menyimak siswa dan menugasi sampel menulis berita. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis berita. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji linearitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik sebesar 76,90. Kedua, keterampilan menulis berita siswa secara keseluruhan sebesar 76,54 dan berada pada kualifikasi baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai ttabellebih kecil daripada thitung(1,70<8,49). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan keterampilan menyimak berita dan keterampilan menulis berita memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% yaitu t table > t hitung (8,49 > 1,70) dengan dk=n-1. Dengan kata lain, apabila keterampilan menyimak berita sebagai variabel bebas (variabel X) siswa baik, keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat (variabel Y) siswa akan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:23
Last Modified: 04 Oct 2018 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item