Hubungan Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman

Marta, Febrina (2015) Hubungan Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FEBRINA_MARTA_1100822_4843_2015.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, tingkat pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7. Kedua, tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Ketiga, hasil analisis hubungan pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel penelitian ini adalah pemahaman teks deskripsi dan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Data penelitian ini adalah skor pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman tergolong lebih dari cukup (75,40) berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman tergolong lebih dari cukup (74,1) berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada skala 10. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Hubungan tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 13,08 > 1,68. Dengan kata lain, pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 7 Pariaman memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item