Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai

Suheila, Fauziah (2016) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FAUZIAH_SUHEILA_1205229_2948_2016.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sebelum menggunakan model discovery learning. (2) Mendeskripsikan tingkat keterampilan surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sesudah menggunakan model discovery learning. (3) Mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sesudah menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan satu kelompok pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 277 orang yang terdiri atas sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batang Anai yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) menulis surat resmi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,07. Kedua, keterampilan menulis surat resmi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,81. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% karena tt < thitung (1,70 < 12,31). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sesudah menggunakan model discovery learning lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning. Penggunaan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai. Dengan kata lain, model discovery learning dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item