Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division)terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok

Hasanah, Fadhilah Wardi (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division)terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FADHILAH_WARDI_HASANAH_1205167_3145_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasisiswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok dengan jumlah 424 orang yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII/Hberjumlah 44 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel dalam penelitian ini, yaitu pretest dan posttest keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Data dalam penelitian ini adalah skor pretest dan posttest keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja.Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut.Pertama, pretest keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 72,98. Kedua, posttest keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 78,03. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel(3,77>1,67). Berdasarkan hasil penelitian itu disimpulkan bahwa hasil posttestketerampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkanpretest menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal itu dibuktikan dengan nilai rata-rata posttestketerampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa menggunakan model STAD berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-ratapretest keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa menggunakan model STAD berada di bawah KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item View Item