Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI MAN Sebukar Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

Adila, Dina (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI MAN Sebukar Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DINA_ADILA_1105841_4624_2015.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Sebukar Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi yang berjumlah 160 orang. Sampel penelitian ini di ambil dengan menggunakan teknik persentase acak 25% dari populasi sehingga sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman (X) dan keterampilan menulis ringkasan (Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis ringkasan. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif unttuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis ringkasan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga kesimpulan berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi secara umum berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 63,23. Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata hitung 62,92. Ketiga, keterampilan membaca pemahaman berhubungan dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI MAN Sebukar, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 karena ttabel < thitung (2,021 < 6,131). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa ttabel. < thitung Jadi, disimpulkan bahwa untuk terampil menulis ringkasan diperlukan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item View Item