Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Audio-visual Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang

Fernida, Dian Octaviani (2015) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Audio-visual Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DIAN_OCTAVIANI_FERNIDA_5002_2015.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berita siswa kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual, (3) menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 253 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil berdasarkan teknik purpossive sampling. Data penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu nilai keterampilan menulis berita siswa kelas VIII.E SMP Negeri 10 Padang sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual dengan indikator unsur-unsur berita, struktur berita, dan keefektifan kalimat dalam berita. Untuk menganalisis data digunakan rumus rata-rata hitung dan rumus uji t guna mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai 73,47. Nilai rata-rata keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai 85,28. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa H1 diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (5,39 > 1,70). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual dalam keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Oleh karena itu, strategi pembelajaran inkuiri berbasis media audio-visual layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item