Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman

Isardi, Diah Wijaya (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DIAH_WIJAYA_ISARDI_1100838_3784_2015.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri I Pasaman tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, 2) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, 3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan prates dan pascates. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman yang terdaftar tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuri. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis keterampilan paragraf argumentasi dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan paragraf argumentasi tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 67,77. Kedua, keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 81,29. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (5,24> 1,67). Jadi dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 5,24>1,67. Dengan kata lain, strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item