Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman‖

Putri, Deni Septiani (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman‖. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DENI_SEPTIANI_PUTRI_1105844_3796_2015.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Sehubungan dengan itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi. Ketiga, hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi sebagai variabel bebas (variabel X) dengan skor keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat (variabel Y) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (69,52). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (76,98). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 3 Pariaman (69,52) dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 3 Pariaman (76,98). Hubungan tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 12,80>1,68. Dengan kata lain, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 3 Pariaman memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item