Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang

Aprianti, Deni (2015) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DENI_APRIANTI_815_2015.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP N 3 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. (2) Mendeskripsikan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP N 3 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP N 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pra-eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang yang terdaftar tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus purposive random sampling. Terdapat dua data yang akan diolah. (1) Data pretest keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. (2) Data posttest keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes untuk kerja. Hasil peneltian ini ada tiga, yaitu. (1) Keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (58,21). (2) Keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,07). (3) Terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17967

Actions (login required)

View Item View Item